Kementerian Hukum dan HAM Berduka: Kepala Balitbang HAM Ramli Hutabarat Wafat di Jepang

Jakarta – Di tengah kunjungannya ke Jepang, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hak Asasi Manusia (Balitbang HAM) Kementerian Hukum dan HAM Prof. Dr. Ramly Hutabarat meninggal dunia pada Selasa (05/06) di Tokyo, Jepang. Kepergian Ramly Hutabarat ke Jepang guna mendampingi Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin membahas penegakan hukum di Indonesia dengan pemerintah Jepang.

Jenazah pejabat yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia tersebut langsung dimandikan dan disholatkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang pada hari yang sama dengan kepergiannya. Baru pada Rabu (06/06), jenazah ayah dari empat putri tersebut diterbangkan dari Jepang ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, yang tiba pada pukul 17.45.

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, jenazah diserahterimakan dari KBRI di Jepang kepada Kementerian Hukum dan HAM sebelum dibawa ke Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM untuk disemayamkan sekitar pukul 20.00 WIB. Jenazah disambut dengan haru oleh segenap pejabat maupun pegawai Kementerian Hukum dan HAM yang sudah menunggu kedatangan jenazah sejak sore hari.

Pada Kamis (07/05) pukul 10.00 WIB, Menteri Hukum dan HAM memimpin prosesi pemakaman jenazah pejabat yang lahir di Sibolga, pada 15 Maret 1953, tersebut. Jenazah dimakamkan di TPU Kedaung, Tangerang Selatan, yang berlokasi tidak berjauhan dengan kediaman Ramly Hutabarat beserta keluarga di Perumahan Kedaung Hijau, Pamulang, Tangerang.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM dengan tulus mengucapkan terima kasih serta memberikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi atas dharma bhakti dan pengabdian almarhum Ramly Hutabarat pada Kementerian Hukum dan HAM dan Pemerintah. “Saya juga mengajak segenap warga Pengayoman untuk mendoakan almarhum, semoga di tempatkan di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT sesuai dengan perjuangan, pengorbanan dan amal ibadahnya. Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan, kita mendoakan semoga Allah SWT senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran, serta dapat menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal,” tambah Menteri.

Usai Menteri memberikan sambutan, jenazah almarhum Ramly Hutabarat dimakamkan. Isteri dan keempat putri almarhum terlihat tabah dan tegar saat jenazah dikebumikan ke dalam liang lahat. Jenazah kemudian didoakan sebelum upacara pemakaman ditutup.

Selamat Jalan Pak Ramli. Semoga tenang di alam sana…

 

Sumber berita :

http://www.kemenkumham.go.id/berita-utama/995-kementerian-hukum-dan-ham-berduka-kepala-balitbang-ham-ramli-hutabarat-wafat-di-jepang

(Teks: Laila, Dok.: Zeqi, Tedy, Yosi, Zaka, Sn)

0 Responses

    Office

    Foto Saya
    Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas.IIA
    Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
    Jalan Inspektur Marzuki Km.4,5 Lorok Pakjo Palembang
    Lihat profil lengkapku

    Shout-Box

    my pagerank