Kemenkumham Mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Kemenkumham Mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas Laporan Keuangan Tahun 2011

 

20120614_Opini_WTP_BPK_02 Jakarta – Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) secara berturut-turut mendapatkan opini atas Laporan Keuangan Tahun 2009 dan 2010 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dengan Paragraf Penjelasan, setelah pada tahun-tahun sebelumnya mendapatkan opini Disclaimer. Namun pada tahun 2012 ini, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Kemenkumham tahun 2011.

Dengan opini tersebut, BPK menilai Laporan Keuangan Kemenkumham telah menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material dalam posisi keuangan Kemenkumham dan realisasi anggaran per tanggal 31 Desember 2011. Peningkatan opini ini menunjukkan komitmen dan tekad yang kuat dari pimpinan dan segenap jajaran staf Kemenkumham dalam melakukan perbaikan tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan dengan berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi perbaikan yang telah diberikan BPK.

Kendati mengalami peningkatan, hasil pemeriksaan tersebut mengungkapkan masih adanya beberapa kelemahan Sistem Pengendalian Intern (SPI) walaupun tidak cukup materil di lingkungan Kemenkumham. Antara lain pencatatan dan pelaporan pendapatan belum sepenuhnya memadai, serta kesalahan dalam pembebanan mata anggaran belanja dan pelaporan persediaan belum tertib karena belum sempurnanya beberapa peraturan internal tentang pedoman penyusunan Laporan Keuangan dan Penatausahaan Barang Milik Negara di lingkungan Kemenkumham.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Amir Syamsudin yang hadir langsung dalam acara tersebut menyadari bahwa masih terdapat beberapa kelemahan dalam pengelolaan keuangan. "Hal ini tercermin dari hasil audit oleh rekan-rekan auditor yang menemukan beberapa indikasi penyimpangan yang disebabkan kekurangcermatan dan ketelitian dari para pengelola keuangan dan lemahnya SPI Pemerintah," katanya di Gedung BPK, Kamis (14/6).

Menkumham berharap dengan hasil Laporan Keuangan ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada segenap jajaran Kemenkumham. "Semoga ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita semua dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan transparan," ujarnya.

Anggota I BPK Moermahadi Soerja Djanegara yang menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Kemenkumham kepada Menkumham mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap jajaran staf Kemenkumham atas prestasi tersebut. "Upaya perbaikan yang dilakukan terus-menerus selama tahun 2011 membuahkan hasil berupa Laporan Keuangan yang lebih dapat diandalkan, sehingga pada tahun 2012 ini BPK memberikan opini WTP atas Laporan Keuangan Kemenkumham tahun 2011," jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Inspektur Jenderal Kemenkumham, Dirjen AHU, Dirjen Imigrasi, Dirjen HAM, Dirjen PP, Dirjen Pemasyarakatan, Dirjen HKI, Kepala BPSDM, beberapa pejabat eselon II di lingkungan Kemenkumham, serta Auditor Utama Keuangan Negara I BPK RI dan beberapa pejabat struktural di lingkungan AKN I BPK RI.

 

Sumber berita :

http://www.kemenkumham.go.id/berita-utama/1012-kemenkumham-mendapat-opini-wajar-tanpa-pengecualian-wtp-atas-laporan-keuangan-tahun-2011

0 Responses

    Office

    Foto Saya
    Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas.IIA
    Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
    Jalan Inspektur Marzuki Km.4,5 Lorok Pakjo Palembang
    Lihat profil lengkapku

    Shout-Box

    my pagerank