Kunjungan Tim auditor Raoul Wallenberg Institute Of Human Rights and Humanitarian Law (RWI) di Lapas Anak Palembang

بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم  
Palembang, pada hari selasa 09 Maret 2010 Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas.IIA Palembang mendapatkan kunjungan dari tamu istimewa yaitu Tim auditor dari Raoul Wallenberg Institute Of Human Rights and Humanitarian Law yang disingkat RWI dan juga perwakilan dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan serta penerjemah dari Jakarta.
Sebagai perkenalan Raoul Wallenberg Institute Of Human Rights and Humanitarian Law yang disingkat RWI tersebut didanai oleh Swedish International Development Cooperation Agency (SIDA). RWI merupakan institusi akademik  independen yang berdedikasi untuk kemajuan hak asasi manusia melalui penelitian, pelatihan dan pendidikan. RWI sendiri berdiri pada tahun 1984 di Fakultas Hukum, Universitas Lund Swedia yang telah berpartisipasi dalam mengoganisir 3 program master dan Program Hak asasi manusia Interdisipliner pada tingkat sarjana. RWI telah aktif di indonesia pada tahun 1999 dan memiliki kerja sama yang erat dengan komnas perempuan sejak tahun 2000 serta Kerjasama antara RWI – Direktorat jendral Pemasyarakatan – Direktorat Jendral HAM tahun 2005-2007.Tim auditor dari RWI yang bermitra dengan Direktorat Jendral Pemasyarakatan ini beranggotakan Mr.Jost Onstead, kepala cabang RWI di Indonesia dari negara Inggris serta Pakar Independence isue Pemasyarakatan dunia dari Kanada yaitu Mr. Jefs Cristian. 
Kunjungan ini tentu saja merupakan penghargaan bagi Pihak Lembaga Pemasyarakatan anak dimana bertekad menegakkan Hak azazi manusia yang merupakan pelayanan publik terhadap para anak didik pemasyarakatan.Kunjungan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 09 maret 2010 dan berakhir pada tanggal 12 maret 2010. selama 4 hari itu pula pihak dari rwi itu melakukan observasi-observasi melalui pendekatan ilmiah, wawancara ataupun tanyajawab terhadap para pegawai juga tentunya terhadap para anak didik pemasyarakatan. Komunikasi itu berlangsung dengan lancar dengan bantuan para penerjemah khusus dari jakarta, yang salah satunya yaitu ibu Indah P Amaritasari dari rwi.
Pada hari terakhir kunjungan yaitu jum’at tanggal 12 Maret 2010, Pihak RWI dan perwakilan Ditjen Pas melakukan pertemuan dengan seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan Anak Palembang dimana Pihak RWI manyampaikan kesimpulan dari Stresing mereka mengenai Standarisasi instrument PBB masalah Implementasi standard minimum rules terhadap perlakuan tahanan dan narapidana serta peraturan perlindungan anak tentu saja penelitian ini di lakukan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Palembang. disampaikan 190 masalah yang diperoleh di Lapas Anak ini, dimana tentu saja masalah  tersebut ada yang memenuhi standard PBB dan banyak juga yang tidak memenuhi standard PBB. Salam Hangat dari Palembang.



0 Responses

    Office

    Foto Saya
    Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas.IIA
    Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
    Jalan Inspektur Marzuki Km.4,5 Lorok Pakjo Palembang
    Lihat profil lengkapku

    Shout-Box

    my pagerank