Besuk Ke Lapas, Berbekal Narkoba


Pemeriksaan intensif yang dilakukan petugas penjaga pintu utama (P2U) Lembaga Pemasyakaratan (Lapas) Anak Klas II A Pakjo Palembang, membuahkan hasil. Dari dalam sebuah dompet milik dua pembesuk, didapati dua amp ganja kering siap isap. Yaitu dompet milik Ari (23), warga Jl DI Panjaitan, Lr Sentosa, Kecamatan Plaju, Palembang. Saat diamankan, sekitar pukul 10.30 WIB, tersangka Ari bersama temannya, Fadli (21), warga Jl KH Azhari, Lr Beringin Jaya, Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan SU II, Palembang. Namun status Fadli masih sebatas saksi. ”Aku baru balik nolong jualan ikan di Pasar Jakabaring, terus Ari minta temeni besuk kawannyo, Agus di Lapas Anak. Aku dak tahu kalo Ari simpan ganja di dompetnyo, aku baru kenal limo hari dengan Ari,” aku Fadli. Mendapati ada pembesuk yang kedapatan membawa narkoba, petugas Lapas Anak lalu menghubungi polisi dan datanglah Kasat I Direktorat Narkoba Polda Sumsel AKBP Ismail Zahara SH bersama anggotanya. ”Aku dak galak ngomong di sini (di Lapas), Pak. Gek bae aku ngomong pas la di Polda, gek aku beberke galo,” cetus tersangka Ari. Saat dibawa dan diinterogasi di Mapolda Sumsel, tersangka Ari berkicau mengaku ”cepu” (informan) polisi. Bahkan ganja yang ada padanya, diakui didapat dari oknum polisi tersebut. Keterangan tersangka Ari yang kerap berubah itu, sempat membuat polisi geram. Untuk membuktikan omongannya, tersangka Ari dibawa penyidik keluar untuk pengambangan kasusnya.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, di Lapas Klas IA Pakjo Palembang, seorang pengunjung juga kedapatan membawa narkoba. Jenis sabu-sabu (SS) sebanyak dua paket sedang yang diselipkan dalam kotak rokok, dengan tersangka Dalim H Soleh (49), warga Lr Sungai Benar, RT 04/01, Desa Sungsang, Kabupaten Banyuasin. 
Kedatangannya ke Lapas Pakjo, sekitar pukul 09.45 WIB, hendak membesuk anaknya, Nur Muhamad (23), yang baru menjalani hukuman 7 bulan dari vonis 2,3 tahun dalam kasus penganiayaan. Bapak 10 anak itu pun terjegal oleh petugas P2U Lapas Pakjo. ”Ado orang yang masukke sabu itu di dalam kotak rokok yang aku beli di warung simpang Pakjo itu. Ado wong tigo dekati aku, aku dak kenal. Diolah yang jebak aku,” tukas Dalim.Terkait ungkap kasus itu, Kalapas Klas IA Pakjo, Ilham Jaya SH MPd, didampingi Kalapas Anak klas II A Pakjo Palembang, Drs Junaedi BcIP SH MH, mengatakan ketiganya diamankan saat hendak membesuk. ”Sesuai dengan prosedur kita melakukan giat siaga dan memeriksa pra pengunjung. Awalnya memang tidak mau diperiksa, setelah BB narkoba ditemukan, kita serahkan kasus ini ke pihak Direktorat Narkoba Polda Sumsel. Kita akan terus memerangi masuknya narkoba, dengan membuat sistem antrean masuk bagi pengunjung,” jelasnya. Terpisah, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Abdul Gofur, melalui Direktur Narkoba Polda Sumsel Kombes Pol Teguh Prayitno, mengatakan pihaknya terus melakukan kerja sama dengan lapas. ”Dari tiga orang itu, dua ditetapkan sebagai tersangka dan kasusnya masih kita kembangkan. Mengenai pengakuan satu tersangka yang mengatakan memperoleh narkoba dari oknum polisi, juga masih kita selidiki,” kata Teguh. (mg10)

Sumber Tulisan :
http://www.sumeks.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5719:besuk-ke-lapas-berbekal-narkoba&catid=41:dor&Itemid=91#josc3049
0 Responses

    Followers

    shared yach ...

    Office

    Foto Saya
    Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas.IIA
    Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
    Jalan Inspektur Marzuki Km.4,5 Lorok Pakjo Palembang
    Lihat profil lengkapku

    Shout-Box

    my pagerank